Saat Anda membuka task manager, Anda akan melihat berbagai jenis proses aplikasi yang Anda ketahui. Namun, tak sedikit juga proses yang tidak Anda ketahui. Dan, salah satu proses yang kurang banyak muncul namun tidak banyak orang yang mengetahuinya adalah Svchost.exe.

Pertama yang perlu diperhatikan, Svchost.exe bukanlah sebuah malware, virus ataupun aplikasi yang membahayakan komputer Anda. Svchost.exe ini merupakan Host Process Microsoft Service untuk layanan yang berjalan dari link library dinamis.
Lebih mudahnya, Svchost.exe ini adalah file sistem yang memungkinkan Windows untuk menjalankan sebuah aplikasi. Banyak aplikasi berjalan via file DLL (Dynamic Linked Lybrary). Namun, file DLL tidak bisa berjalan dan bekerja secara sendiri. Oleh karena itu Windows membutuhkan sebuah jembatan untuk meluncurkan DLL tersebut. Dan Svchost.exe berfungsi sebagai jembatan tersebut.

Selain itu, Svchost.exe juga akan tampak memiliki banyak proses jika Anda mengamatinya di Task Manager. Hal ini karena masing-masing proses memiliki fungsi tersendiri. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan sistem.

Terkadang Anda mungkin akan menemukan proses Svchost.exe yang berjalan pada sistem. Selain itu, terkadang Anda juga bakal menemukan proses ini berjalan pada jaringan. Dan, hal itu normal.

Related Posts

0 Komentar untuk Mengenal Proses Svchost.exe di Windows