Pernahkan Anda membuka Task Manager kala menjalankan browser Google Chrome? Jika iya, maka Anda akan mendapati bahwa jumlah proses yang dikerjakan oleh Google Chrome lebih dari satu. Hal ini mungkin akan terlihat sangat aneh, padahal Anda hanya menjalankan satu buah aplikasi Google Chrome.





Hal berbeda jika Anda membuka Mozilla Firefox. Kalau Anda membuka satu buah Firefox, maka Anda hanya akan melihat satu proses aplikasi di Firefox. Pun halnya jika Anda membuka dua aplikasi, maka di Task Manager, Anda akan mendapati dua proses aplikasi Firefox.
Lalu, apa yang mengakibatkan proses kerja Chrome lebih banyak dibandingkan dengan Firefox? Sebelum memperoleh jawaban, coba Anda amati proses di Task Manager. Di situ, Anda akan mendapati bahwa proses memori dari Firefox akan lebih besar jika dibandingkan dengan Chrome.

Selanjutnya, perhatikan pada Chrome yang Anda jalankan. Perhatikan berapa tab yang sedang Anda buka. Selain itu, amati apakah tab yang Anda buka tersebut terdapat halaman yang sama atau tidak.

Setelah melakukan dua hal tersebut di atas, maka Anda akan bisa menyimpulkan sedikit dari proses kerja Google Chrome. Kesimpulan tersebut adalah bahwa Google Chrome bekerja sesuai dengan tab yang dibuka. Jika tab yang tengah Anda buka adalah dua tab, maka akan muncul dua proses di Task Manager.

Namun apakah sesederhana itu? Kesimpulan tersebut hampir benar. Dalam blog Chrome, Google menjelaskan bahwa browser miliknya tersebut bekerja secara terpisah. Dalam hal ini, proses rendering setiap halaman situs akan dilakukan secara tersendiri. Tak cukup sampai di situ, setiap ekstensi atau plug in di Google Chrome juga akan menjalankan prosesnya tersendiri. Jadi, semakin banyak ekstensi yang Anda miliki, maka akan semakin banyak pula proses yang Anda jalankan.

Dengan melakukan langkah ini, jika terjadi crash, maka permasalahan tersebut tidak akan merembet ke halaman situs lainnya. Selain itu, dengan langkah ini, Google mengatakan bahwa komputer akan menjadi lebih efektif. Berikut ini adalah penjelasan dengan gambar yang lebih gamblang.

Related Posts

1 Komentar untuk Mengenal Task Manager Google Chrome Lebih dari Satu