Saturday, December 10, 2016

Panduan Aktivasi Akun Aplikasi PIP SMA

Panduan Aktivasi Akun Aplikasi PIP SMA



Panduan Aktivasi Akun Aplikasi PIP SMA. Sobat Operator Dapodik SMA, ada kabar terbaru terkait dengan Program Indonesia Pintar (PIP) bagi jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Apa berita terbaru tersebut? Yang saya maksud kabar baru di sini adalah rilisnya Sistem Aplikasi PIP berbasis website khusus untuk SMA.

Aplikasi PIP berbasis website untuk SMA adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk melaporkan segala informasi terkait dengan penyaluran dana PIP bagi peserta didik di SMA. Seperti yang telah anda ketahui, selama ini laporan PIP masih menggunakan cara manual, yaitu sekolah diberi file kemudian harus sesuai data yang diminta lalu dikirim lagi ke dinas pendidikan Kabupaten/Kota setempat.
Cara ini dirasa kurang efektif dan efisien, mengingat penyaluran Dana PIP tidak dilakukan dalam satu tahap melainkan beberapa tahap. Itupun tidak semua SMA memperoleh dana PIP pada setiap tahap penyaluran. Sehingga laporan manual sudah tidak lagi relevan dengan kebutuhan laporan PIP yang harus selalu update dan akurat sesuai data yang ada.

Apa tujuan adanya Aplikasi PIP berbasis website untuk SMA? Tujuan utama pembuatan aplikasi ini adalah untuk mengetahui secara cepat dan akurat apakah dana PIP untuk peserta didik sudah disalurkan dengan benar atau belum. Jika terjadi persoalan saat penyaluran dana, diharapkan sekolah bisa segera melapor kepada Direktorat Pembinaan SMA agar bisa segera dicarikan solusi atas permasalahan yang dialami.

Kawan-kawan operator dapodik SMA, kendati ini disebut dengan aplikasi namun perlu diingat kalau ini merupakan aplikasi berbasis website. Apa maksudnya? Artinya Aplikasi PIP berbasis website untuk SMA ini tidak perlu software untuk menginstallnya. Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengunjungi alamat website http://psma.kemdikbud.go.id/home/pip

website akan membawa anda langsung ke halaman Login laporan PIP SMA. Namun anda harus tahu, untuk bisa login anda tidak hanya harus memasukkan username dan password sebagaimana biasa anda lakukan. Melainkan anda harus memiliki kode token yang akan digunakan dalam proses login Artinya Aplikasi PIP berbasis website untuk SMA.

Di manakah bisa memperoleh kode token tersebut? Kode token untuk aktivasi aplikasi ini yang Mengetahui adalah Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat. Maka segeralah anda menghubungi operator dapodik dinas untuk meminta kode token sekolah anda. Ingat! Setiap sekolah memiliki kode token yang berbeda-beda. Satu kode hanya untuk satu sekolah saja.

Setelah memiliki kode token tersebut, selanjutnya anda harus melakukan Aktivasi akun. Bagaimana caranya? Perhatikan dengan baik penjelasan  yang saya tulis berikut ini.


Panduan Aktivasi Akun Aplikasi PIP SMA
1. Buka Browser anda
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membukan browser yang akan anda gunakan untuk menggunakan Aplikasi PIP SMA. Saya menganjurkan anda untuk menggunakan browser Google Chrome atau Mozila Firefox. Sangat tidak dianjurkan menggunakan explore, karena berkaitan dengan kelancaran aplikasi.


2. Masuk ke Halama Laporan PIP SMA
Masukkan alamat url http://psma.kemdikbud.go.id/home/pip/index.php kemudian tekan enter. Alamat ini adalah untuk masuk ke dalam laporan PIP SMA maka harus anda ingat baik-baik.


3. Tunggu Sampai Halaman Menu Aktivasi Muncul
Setelah url tersebut anda enter, browser akan loading. Tunggu sampai Halaman Menu aktivasi akun muncul. Halaman Aktivasi berisi ucapan Selamat Datang di PIP Manager. Sampai di sini artinya anda berhasil masuk ke halaman Laporan PIP SMA


4. Isi Semua Data
Saat Masuk ke Halaman Aktivasi akun anda akan diminta memasukkan berbagai macama data, yaitu:

a. ID Token harus anda isi dengan memasukkan token yang sudah dikirim melalui Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat

b. Nama Pengguna isi dengan Nama Operator Dapodik atau Operator yang bertugas melaporkan dana PIP

c. NPSN diisi dengan NPSN masing-masing sekolah (setiap sekolah memiliki NPSN yang berbeda)

d. Email diisi dengan memasukkan email aktif yang nantinya digunakan untuk Login

e. Password diisi dengan memasukkan password yang nantinya digunakan untuk login (usahakan password yang unik namun mudah diingat)

Setelah semua data tersebut sudah anda isi semua, terakhir silahkan Klik Tombol Aktifkan berwarna hijau yang ada di bawah data-data tersebut.


5. Tunggu Sampai Muncul Pemberitahuan Sukses
Pemberitahuan Sukses ditandai dengan munculnya kalimat “Halo, Akun Anda Sudah Aktif. Silahkan Login!” jika kalimat ini sudah keluar tandanya akun anda telah aktif. Dan segera klik tombol Close pada pemberitahuan tersebut.


6. Lakukan Login
Silahkan langsung anda coba untuk melakukan Login Laporan PIP. Gunakan email dan password yang anda masukkan dalam proses registrasi tadi untuk login.

Sampai pada tahap nomor 6 proses aktivasi akun anda berhasil. Anda bisa melakukan login dan segera mengirim data laporan PIP ke Dit PSMA. Selama data-data yang dimasukkan saat aktivasi akun valid maka dijamin proses registrasi tersebut akan berjalan dengan lancar dan benar.

Demikian informasi tentang Panduan Aktivasi Akun Aplikasi PIP SMA yang bisa saya berikan. Jika ada pertanyaan silahkan anda tulis pada kolom komentar di bawah ini.



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment