Sunday, October 1, 2017

Menonaktifkan Update Otomatis Pada Windows 10

Menonaktifkan Update Otomatis Pada Windows 10

Secara default, Windows 10 menerapkan pengaturan update otomatis dengan tujuan menjaga agar perangkat tetap berada dalam perlindungan dan fitur terbaik, bebas dari celah yang berpotensi dieksploitasi dan juga bugs.
Tapi, bagi pengguna yang mempunyai kuota data terbatas, pengaturan tersebut tentu merugikan mereka. Sehingga banyak pengguna Windows 10 yang justru ingin fitur tersebut dimatikan. Pada dasarnya tidak ada fitur yang sengaja disediakan untuk menghentikan pengiriman update dari Microsoft secara total. Tapi ada satu fitur yang setidaknya membantu pengguna meminimalisir frekuensi update sehingga pengguna bisa mengulur waktu sampai mendapatkan jaringan yang tak terbatas atau stabil.
Untuk mematikan update otomatis Windows 10, ada dua cara yang bisa Anda tempuh.
Cara pertama – Menggunakan Defer Upgrade
Cara pertama ini tidak secara total mematikan update otomatis di Windows 10, melainkan hanya menunda pengiriman update selama beberapa bulan. Jadi, jika Anda sudah terhubung ke jaringan yang tak dibatasi kuota, sebaiknya segera matikan kembali fitur ini.
  • Pertama, jalankan Settings.

  • Kemudian pilih Update & Security.

  • Di menu Windows Update, arahkan kursor Anda ke sebelah kanan dan klik Advanced Options.

  • Lalu beri tanda centang di opsi Defer Upgrade.


Cara Kedua – Menggunakan Fitur Metered Connection
Cara yang ini pun tidak mematikan update otomatis secara total, tetapi hanya membatasi akses internet oleh aplikasi dan sistem ketika pengguna terhubung ke jaringan yang memiliki kuota terbatas.
  • Kembali buka menu Settings. Kemudian klik Network & internet.

  • Di menu Wi-Fi, klik menu Advanced options.

  • Kemudian ubah setingan Set as metered connection ke posisi On.

Demikian dua cara mematikan update otomatis di Windows 10 yang bisa Anda coba, semoga membantu.
Opsi lainnya
Ada dua buah opsi lain yang sebenarnya bisa digunakan untuk mematikan update otomatis secara total.
  • Mematikan service Windows Update dengan cara masuk ke menu Services kemudian matikan opsi Windows Update.
  • Memodifikasi Group Policy melalui Windows + R dan ketikkan gpedit.msc. Akses Configuration – Administrative Templates – Windows Component – Windows Update dan klik Edit. Dari sana, ubah opsi automatic update configuration ke Notifiy for download and notify for install. Sayangnya, cara ini hanya bisa digunakan di Windows 10 Pro.
Mematikan update otomatis secara total juga tidak saya rekomendasikan, karena Windows 10 merupakan OS termutakhir saat ini yang telah dioptimalisasikan untuk perangkat modern. Pembaruan yang diberikan bertujuan untuk menjaga performa sekaligus keamanan. Dengan banyaknya ancaman dari dunia maya, melakukan pembaruan secara berkala adalah cara paling aman dan mudah untuk meminimalisir resiko tersebut.

File dalam bentuk .pdf klik disini




Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment