Kelebihan Dan Kekurangan Windows 10 – Windows merupakan salah satu OS (Operating System) yang gencar untuk mengeluarkan produk barunya. Salah satu produk terbarunya saat ini adalah Windows 10. Versi Windows terbaru ini digadang sebagai versi Windows yang dapat kompatibel di semua jenis perangkat.

Banyak pengguna setia Windows yang masih ragu untuk upgrade sehingga mereka lebih memilih bertahan pada Windows versi lawas. Tidak salah, karena memang Windows 10 ini memiliki kelebihan bahkan kekurangan sehingga akan menjadi bahan pertimbangan.

Berikut Kelebihan Yang Dimiliki Oleh OS Windows 10
Sebaiknya Anda pertimbangkan secara matang sebelum upgrade Windows. Perhatikan apa saja kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh Windows 10 itu sendiri. Pentingkah Anda harus upgrade atau lebih baik bertahan saja di Windows versi lawas? Sedangkan kelebihan dari Windows 10 adalah sebagai berikut :

1. Windows 10 diurus dengan tenaga penuh oleh Microsoft
Kelebihan pertama sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum upgrade Windows 10 adalah Windows 10 diurus dengan tenaga penuh oleh Microsoft. Hal ini tentunya Microsoft akan memperlakukan yang beda dibanding terhadap Windows versi lawas. Sebagai sistem operasi Microsoft terbaru yang telah mengusung perubahan konsep menjadi Windows as a Service. Microsoft telah menghabiskan banyak energi dan waktu demi untuk mengembangkan Windows 10.

Sebagai bukti bahwa Windows 10 telah mendapat dukungan penuh dari Microsoft adalah perkembangan Windows 10 akan terasa sangat cepat dari waktu ke waktunya. Windows 10 terus dikembangkan demi mengikuti perkembangan serta perubahan terbaru yang ada saat ini.

2. Fitur Windows 10 bisa dikatakan lebih modern
Fitur yang dimiliki Windows 10 tentunya lebih modern dibanding Windows versi lawas. Sebagai sistem operasi yang modern maka fitur Windows 10 sangat up-to-date. Fitur Windows 10 disesuaikan dengan trend masa kini. Buktinya Windows 10 tersinkronisasi dengan cloud melalui OneDrive. Pengaturan Windows 10 terus tersinkronisasi antar device. Mayoritas fitur Windows 10  selalu mengusung konsep always sync sehingga sangat memudahkan untuk diakses penggunadi era cloud dan internet seperti saat ini.

3. Windows 10 sangat powerful untuk yang suka main game
Apakah Anda seorang gamer? Jika sistem operasi yang Anda gunakan saat ini adalah Windows versi lawas, maka disarankan untuk upgrade ke Windows 10. Pasalnya Windows 10 dirancang khusus untuk pengguna yang gila akan main game. Sistem operasi terbaik saat ini untuk seorang gamer adalah Windows 10.

Windows 10 dilengkapi dengan DirectX 12 yang sudah powerful dan teroptimasi untuk hardware saat ini. Selain itu Windows 10 juga dilengkapi dengan setting Game Mode yang fungsinya bisa meningkatkan performa saat Anda bermain game.

4. Windows 10 lebih aman
Kelebihan lain Windows 10 dibanding versi lawasnya adalah di sektor security. Sistem keamanan Windows 10 tidak diragukan lagi. Banyak fitur security yang terdapat di Windows 10 yang tentunya tidak ditemukan di Windows versi lawas. Contoh kecilnya adalah Windows 10 memiliki fitur Windows Hello yang memungkinkan pengguna untuk mengunci Windows 10 dengan fingerprint atau retina scanner. Hebatnya lagi, Windows 10 bisa unlock menggunakan fingerprint smartphone Samsung.

Sistem keamanan lainnya yang tidak kalah hebatnya adalah Windows Defender. Dengan adanya Windows Defender maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan virus dan malware. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi untuk menginstall Anti Virus lain. Tampilan Windows Defender sangat mirip dengan Microsoft Security Essentials dan ini memang aplikasi perkembangan dari MSE.

Bahkan rencananya Microsoft akan menambahkan sistem keamanan pada Windows 10 yaitu fitur proteksi folder. Fitur ini akan membuat data penting Anda kebal dari serangan ransomware.

5. Windows 10 memiliki dukungan Touchscreen yang maksimal
Sebetulnya fitur touchscreen ini bukan hanya terdapat di Windows 10 saja, fitur ini sudah mulai diterapkan Microsoft pada era Windows 8. Namun fitur touchscreen pada Windows 10 lebih memiliki dukungan dari Microsoft dibanding Windows 8. Fitur touchscreen yang terdapat di Windows 10 lebih banyak mendukung terhadap perangkat touchscreen terbaru saat ini baik itu tablet, laptop, ataupun hybrid.

Windows 10 memang sudah teroptimasi untuk touchscreen. Dengan begitu jika Anda memiliki perangkat yang sudah touchscreen, maka Windows 10 adalah sistem operasi terbaik yang bisa Anda gunakan saat ini.

Apakah Windows 10 memiliki kekurangan? Tentu saja ada. Dibalik kelebihan-kelebihan yang sudah dijelaskan diatas, ternyata ada juga kekurangan Windows 10.

Inilah 5 kekurangan Windows 10 yang harus Anda ketahui
Selain memiliki banyak kelebihan, Windows 10 juga memiliki beberapa kekurangan. Hal ini bisa Anda jadikan rekomendasi penting sebelum upgrade ke Windows 10. Apa saja kekurangan Windows 10? Berikut adalah penjelasannya :

1. Penggunaan Windows 10 susah
Kekurangan pertama dari Windows 10 adalah penggunaannya yang terhitung sulit. Sehingga Windows 10 yang sebenarnya memiliki tujuan untuk mempermudah penggunanya justru sulit untuk dioperasikan. Bagi orang awam akan merasa susah mengoperasikan Windows 10 ini. Namun, berbeda cerita jika Windows 10 dioperasikan oleh orang-orang yang familiar dengan dunia komputer.

Ini sangatlah berbeda dengan versi mereka terdahulu yaitu Windows 7. Dalam versi Windows 7 tampilan yang digunakan membuat pengguna lebih mudah untuk menggunakannya. Sehingga orang awam juga dapat menggunakannya. Tapi sayangnya kemudahan dalam penggunaan ini justru tidak dipertahankan di Windows 10. Tak heran banyak pengguna yang memilih tetap memakai Windows  7 ataupun Windows 8 karena terkendala masalah penggunaan.

2. Windows 10 belum selesai dirancang
Versi Windows 10 seakan diluncurkan dengan mode yang belum selesai rancang. Sehingga justru membuat performanya kurang optimal. Bahkan banyak yang menyebutkan jika pengeluaran Windows 10 ini sebagai bentuk dari tes pasar Windows. Hal ini dikarenakan versi Windows yang satu ini beredar ketika belum final. Berbagai hal sering kali ditambahkan oleh Windows. Sehingga membuatnya tidak cocok untuk Anda gunakan sehari-hari. Karena banyak sistem yang crash dengan Windows versi ini. Padahal ini diharapkan sebagai salah satu versi Windows yang akan memberikan berbagai pembaharuan untuk melengkapi versi Windows sebelumnya.

3. Windows 10 terlalu sering ada perubahan
Kekurangan Windows 10 selanjutnya adalah seringnya perubahan yang terjadi. Jadi Windows 10 seringkali harus diupdate. Fitur-fitur yang ada belum optimal jadi pihak Windows berusaha terus menyempurnakan melalui sistem update.  Jadwal update yang dimiliki pun tidak terjadwal. Jadi ketika ada fitur baru yang harus disempurnakan saat itu juga Windows harus di update.

Update yang ada di Windows 10 seperti bersifat memaksa. Tanpa adanya update Anda tidak dapat menggunakan Windows 10 secara penuh. Ini juga yang menyebabkan Windows 10 cukup boros kuota internet karena update yang dilakukan cukup sering. Apalagi tanpa adanya update Windows 10 tidak mau berjalan maksimal. Sehingga mau tak mau user harus mengupdate Windows 10.

4. Tampilan Windows 10 sering berubah
Seperti halnya perubahan fitur yang sering berubah, tampilan dari Windows 10 juga sering berubah. Perubahan yang terjadi tidak hanya perubahan kecil, namun juga perubahan besar dibandingkan versi sebelum update. Biasanya yang berubah adalah posisi dari opsi-opsi yang ada. Tampilan beserta user experience juga terus mengalami perubahan. Perubahan yang cepat seringkali membuat user bertambah bingung ketika menggunakan. Namun bagi user yang biasa menggunakan komputer tentu akan paham mekanisme perubahan tampilan baru di Windows 10.

5. Aplikasi belum banyak tersedia di Store
Aplikasi yang pada store di Windows 10 sebenarnya cukup banyak. Tetapi sayangnya hanya sedikit aplikasi klasik yang sudah beralih ke Windows 10. Padahal aplikasi-aplikasi klasik inilah yang biasanya ditunggu pengguna setianya untuk diterapkan di Windows yang baru. Kurangnya aplikasi klasik yang muncul di store menyebabkan  Windows 10 menjadi belum optimal.

Meskipun banyak juga aplikasi baru yang muncul di Windows store. Kebanyakan aplikasi yang ada di Windows store merupakan aplikasi UWP. Adanya aplikasi UWP ini memungkinkan program dapat dijalankan di semua tampilan layar. Namun, memang rasanya kurang optimal jika tidak ditambah aplikasi klasik yang lebih lengkap. Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya pihak Microsoft telah mengajak developer-developer dari aplikasi-aplikasi klasik untuk hijrah ke store Windows baru.

Selain memiliki kelebihan yang banyak diunggulkan ternyata ada beberapa kekurangan Windows 10 yang masih menjadi ganjalan para penggunanya. Kekurangan-kekurangan inilah yang menyebabkan Windows 10 dirasa kurang optimal jika dibandingkan dengan Windows yang lain. Tapi, diharapkan dengan semakin berjalan waktu dan semakin banyak pengguna Windows 10 masalah-masalah ini dapat segera teratasi.

Ok mungkin hanya itu saja pembahasan Kelebihan Dan Kekurangan Windows 10. Dengan adanya tulisan ini sedikitnya Anda bisa terbantu terutama yang masih bingung menentukan sikap apakah harus upgrade sistem operasi atau tidak. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

sumber : disini

Related Posts

0 Komentar untuk Kelebihan dan Kekurangan Windows 10