Cara Memindahkan Dapo PAUD/DIKMAS Offline Menjadi Online

Sobat CC| tercinta....
Pengerjaan Dapo PAUD/DIKMAS Secara Online merupakan satu terobosan dari Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas dalam bidang pendataan. Baik untuk pendataan lembaga atau Satuan Pendidikan, Guru dan Tenaga Kependidikannya ataupun Siswanya sama seperti pada Aplikasi Dapodikdasmen.

Yang membedakan hanyalah metodenya saja, diama Dapo PAUD dan Dikmas ini tersedia pengerjaan dengan moda Online, sementara untuk Dapodikdasmen masih versi Offline dan metode sinkronisasinya online.


Terlepas dari permasalahan diatas, hingga postingan ini diunggah, masih banyak operator sekolah PAUD yang masih mengerjakan Dapo PAUD nya secara OFFLINE dikarenakan bukan karena tidak bisa mengerjakan secara ONLINE namun lebih tepatnya belum mengetahui cara perpindahan atau bahasa kerennya "migrasi" dari metode OFFLINE ke ONLINE.

Tapi jangan khawatir kawan-kawan Operator PAUD tercinta, kali ini Admin akan coba bagikan informasi mengenai tahapan yang harus Sobat lewati agar bisa ber migrasi dari Dapo PAUD Moda Offline ke Dapo PAUD Online.

Cara Melakukan Migrasi Dari Dapo PAUD Offline ke Online
1. Siapkan Kode Registrasi Dapo PAUD lembaga masing-masing
2. Siapkan akun Dapo PAUD yang dimiliki
3. Siapkan laptop atau komputer sekaligus koneksi internetnya yang satabil dan lancar
4. Buka halaman web https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/
5. Klik tombol login pada sudut kanan atas, pilih satuan pendidikan

6. Masukkan email dapodik pada kolom email dan dibawahnya password atau kata sandinya
7. Klik tombol login yang ada di bawah nya

8. Setelah berhasil login, diesebelah kiri atas tampilan yang muncul, pilih Dashboard dan Pilih Satuan Pendidikan

9. Akan muncul data Satuan Pendidikan di sebelah kanan tampilan dari dashboard tadi. Scrool mouse atau pointer ke bagian bawah dari data lembaga yang muncul tadi samapi ditemukan metode Dapo yang digunakan seperti terlihat pada gambar
10. Klik mode sinkronisasi yang muncul, lalu lakukan perubahan dengan memilih metode  seperti tampilan pada gambar 

11. Klik tombol SIMPAN dibawahnya yang berwarna hijau


Sampai disini Sobat CC khususnya operator PAUD tercinta sudah berhasil memindahkan atau memigrasikan Dapo PAUD dan Dikmas nya dari sebelumnya menggunakan metode Dapodik Offline / Sinkronisasi Online menjadi Dapodik Online full.

Nach untuk pengerjaan Dapo PAUD dan Dikmas nya secara online, silahkan Sobat CC akses halaman berikut https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik/Home/Index gunakan akun yang tadi digunakan untuk merubah metode dari Dapodik Offline/Sinkronisasi Online ke Dapodik Online.

Demikian informasi dan tutorial Cara berpindah haluan dari Dapo PAUD Offline menjadi Online yang bisa Admin bagikan. Jika ada kendala atau permasalahan yang belum menemukan solusinya silahkan kontak Admin di 0815-825-8989. Terima kasih atas kunjungannya, dan dinantikan kunjungan berikutnya...

Semoga bermanfaat....

Related Posts

0 Komentar untuk Cara Memindahkan Dapo PAUD/DIKMAS Offline Menjadi Online